OFFICIAL! Persija Resmi Datangkan Abdulla Yusuf Helal, Penyerang Timnas Bahrain

Abdulla yusuf helal persija

Persija Jakarta telah secara resmi memboyong penyerang Timnas Bahrain, Abdulla Yusuf Helal. Pemain yang akan menggunakan nomor punggung 9 ini mengisi slot terakhir pemain asing yang didatangkan oleh Persija. Sebelumnya, Persija juga telah mendatangkan pemain lain seperti Michael Krmencik(29), Hanno Behrens(32), Ondrej Kudela(35), dan terakhir Abdulla Yusuf Helal(29).

Abdulla Yusuf Helal sebelumnya bermain di klub Slavia Praha, Ceko. Kedatangannya di klub Persija Jakarta merupakan kedatangan bebas transfer. Ia akan membela tim macan kemayoran selama 3 tahun masa kontrak. Pemain yang memiliki tinggi badan 194cm ini pernah mencicipi laga Liga Champion sebanyak dua kali, yaitu saat melawan Inter Milan dan Dortmund. Saat itu, ia berada dalam Grup F Liga Champion musim 2019/2020.

Biodata Abdulla Yusuf Helal

Pemain kelahiran Bahrain, 12 Juni 1993 ini memiliki nama lengkap Abdulla Yusuf Abdulrahim Mohamed Helal. Selain menjadi pemain inti klub Persija Jakarta, ia juga dipercaya menjadi bagian dari Timnas Sepakbola Bahrain.

Karir sepakbola profesionalnya berawal dari tahun 2009 sejak ia bergabung dengan klub East Riffa di Bahrain. Kemudian, ia bergabung dengan klub Al-Muharraq SC dan berhasil menjuarai Bahrain Premier League pada musim 2017/2018. Setelah sukses bermain di Bahrain, Yusuf bergabung dengan klub Eropa Bohemians dalam perhelatan Liga Pertama Ceko pada tahun 2018. Ia menjadi pemain Bahrain pertama yang berhasil bermain di divisi papan atas liga Eropa.

Gol pertamanya di klub Bohemian adalah saat ia menjadi pemain pengganti saat melawan klub Pribram. Pada tahun selanjutnya, ia bergabung dengan klub Ceko lainnya yaitu Slavia Prague. Ia bahkan mencatatkan namanya sebagai pemain Bahrain pertama yang berhasil bermain di Liga Champion.

Abdulla Yusuf Helal dipinjamkan pada klub Slovan Liberec pada tahun 2020. Ia berhasil menorehkan gol saat bermain di UEFA Liga Eropa saat melawan tim Gent. Terakhir, ia akhirnya diboyong menjadi pemain inti dari Persija Jakarta, tepat pada tanggal 20 Juli 2022.

Yusuf Helal telah menjadi pemain timnas Bahrain sejak tahun 2012. Dalam 55 pertandingan yang ia ikuti, ia berhasil menorehkan gol sebanyak 5 gol untuk Timnas Bahrain. Gol tersebut ia hasilkan pada tahun 2013, 2016, 2017 dan tahun 2018. Gol-gol tersebut ia hasilkan saat melawan Timnas negara Kuwait, Lebanon, Chinese Taipei, Turkmenistan dan Malaysia.

Kehadiran Abdulla Yusuf Helal membuat pelatih Persija, Thomas Doll, merasa lebih percaya diri untuk menghadapi serangkaian pertandingan di Liga 1 musim 2022/2023 mendatang. Menurut Thomas, ia memang sedang mencari pemain yang memiliki skill dan mentalitas yang tinggi supaya bisa menjadi pelengkap tim olahannya di Persija Jakarta.

Yusuf Helal diketahui akan datang ke Indonesia dan bergabung dengan Persija Jakarta sebelum kick off Liga 1 dimulai. Ia dikabarkan akan memulai debutnya di Persija Jakarta pada pertandingannya melawan Chonburi FC di stadion baru Jakarta International Stadium.