Community Shield 2022: Ini Klub Peraih Gelar Terbanyak

Turnamen community shield 2022 akan mempertemukan Liverpool vs Manchester City di stadion King Power, Sabtu, 30 Juli 2022, pukul 23.00 WIB. Manchester City merupakan juara Premier League 2022 sedangkan Liverpool sebagai kampiun Piala FA.

Di ajang saat ini, Liverpool memiliki catatan lebih unggul dari Manchester City, setidaknya sudah ada 15 trofi yang berhasil diambil oleh The Reds sejak turnamen bergulir pada tahun 1908.

Di sisi lain, The Citizens baru memiliki 6 trofi. Kesempatan untuk menambah gelar juara dari 6 trofi masih belum berhasil ditambah oleh Leicester City.

Sebelum memperebutkan gelar juara community shield 2022, ada sejumlah klub yang ternyata telah memiliki banyak trofi di ajang ini. Mari cari tahu sejumlah klub tersebut melalui ulasan di bawah ini.

Community Shield 2022, Berikut Daftar Klub Peraih Gelar Terbanyak Sebelumnya

Perjuangan meraih gelar community shield 2022 tentunya tidak mudah karena ada persaingan ketat antar klub yang tidak kalah kuat sehingga membutuhkan persiapan yang matang. Berikut sejumlah klub yang telah banyak meraih banyak trofi:

1.  Manchester City

Setidaknya sudah ada 6 gelar yang berhasil diraih oleh Manchester City. Trofi pertama diraih pada tahun 1973 setelah mengalahkan Sunderland dengan skor akhir 2-0. Laga berlangsung di Maine Road, Manchester, tanggal 3 November 1937.

Terakhir kali Manchester City meraih gelar pada tahun 2007. The Citizens berhasil mengalahkan Liverpool melalui babak adu penalti di Stadion Wembley, 4 Agustus 2019.

2.  Tottenham Hotspur

Lebih banyak dari The Citizens, Tottenham Hotspur berhasil meraih 7 gelar juara di Community Shield. Keberhasilannya ini menempatkan Tottenham berada di posisi kelima namun 3 dari 7 gelar itu, trofinya merupakan milik bersama.

Di ajang ini sempat ada aturan untuk berbagi gelar jika pertandingan berakhir dengan skor imbang. Trofi pertama berhasil diraih oleh Tottenham Hotspur tahun 1921. Sementara itu, gelar terakhir diraih pada tahun 1991.

3.  Everton

Di sisi lain, Everton cukup sukses meraih sejumlah gelar juara setidaknya ada 9 gelar yang berhasil diraih dan 1 di antaranya merupakan trofi bersama. Sebelumnya di ajang community shield tahun 1986, Everton harus berbagi gelar bersama Liverpool.

Terbilang sukses, Everton ternyata sudah lama tidak menjuarai ajang ini. Terakhir mereka meraih trofi pada tahun 1995 setelah berhasil mengalahkan Blackburn Rovers dengan skor akhir 1-0.

4.  Liverpool

Sebelum Everton, Liverpool menempati posisi ketiga sebagai peraih gelar juara terbanyak tersebut. The Reds berhasil meraih 15 kali trofi dan 5 di antaranya merupakan trofi bersama. Kesuksesannya dimulai tahun 1964.

Mereka harus saling berbagi trofi bersama West Ham United setelah berhasil meraih skor imbang 2-2 di Anfield, 15 Agustus 1964. Liverpool akan meraih 3 trofi bersama secara berturut-turut. The Reds juga sempat berhasil meraih gelar tahun 1965 dan 1966.

5.  Arsenal

Tidak kalah dengan sejumlah klub lainnya, Arsenal berhasil meraih gelar sebanyak 16 kali. The Gunners berhasil meraih 1 trofi setelah berhasil mengalahkan Liverpool melalui babak adu penalti di edisi 2020.

Gelar pertama Arsenal diraih pada tahun 1930 setelah berhasil mengalahkan Sheffield dengan skor akhir 2-1 di Stamford Bridge. Di sisi lain mereka harus berbagi gelar bersama Tottenham Hotspur di edisi 1991.

6.  Manchester United

Gelar Trofi terbanyak berhasil diraih oleh Manchester United, Setan Merah jadi tim pertama yang berhasil meraih gelar ini setelah mengalahkn Queens Park Rangers dengan skor akhir 4-0. Setidaknya sudah 21 gelar berjasil diraih.

MU terakhir kali meraih gelar juara pada tahun 2016 di bawah pelatih Jose Mourinho. Sementara itu, sejak edisi 2016, MU sempat absen di ajang tersebut karena belum meraih trofi Liga Inggris di Piala FA dalam 5 musim terakhir.

Itulah 6 klub yang sempat meraih gelar community shield terbanyak. Dalam perebutkan gelar nanti, Man City harus berusaha keras untuk mengalahkan Liverpool, peringkat 3 peraih gelar terbanyak.