Bernd Leno ke Fulham Setelah Lepas dari Arsenal

Transfer Bernd Leno, Arsenal dan Fulham dikabarkan telah mencapai kesepakatan soal transfer di musim ini. Untuk proses transfer penjaga gawang asal Jerman ini, mereka sepakat soal pemberian mahar sebesar 8 juta pounds atau 144 miliar rupiah.

Kebersamaan The Gunners dengan kiper asal Jerman itu dikabarkan akan segera berakhir dalam waktu dekat ini. Sebelumnya ia bergabung bersama The Gunners pada tahun 2018 dan saat itu direkrut oleh Unai Emery dari Bayer Leverkusen.

Leno merupakan penjaga gawang nomor satu di The Gunners selama 3 tahun. Namun, mulai musim lalu pemain berusia 30 tahun tersebut menjadi penjaga gawang kedua setelah Aaron Ramsdale dari Sheffield United datang.

Leno ikut hadir selama tur pramusim Arsenal. Saat ini terdapat rekrutan baru di Arsenal yaitu Matt Turner, penjaga gawang asal Amerika Serikat. Sehingga ada kemungkinan Leno kembali turun posisi menjadi pilihan ketiga setelah Ramsdale dan Turner.

Sebelumnya Leno bergabung dengan Bayern Leverkusen dan masuk Arsenal pada tahun 2018. The Gunners mendatangkan Leno dengan mahar 22,5 juta. Dikabarkan pilihan Leno akan kembali ke Jerman atau pindah ke Newcastle United. Tapi Leno memiliki opsi lain.

Masih ada beberapa klub Eropa yang mengincar dirinya. Salah satunya Fulham yang baru promosi ke Premier League menunjukkan ketertarikan besar terhadap Leno. Sejak pertengahan Juni, pihak manajemen Fulham melakukan kontak terkait Leno kepada Arsenal.

Transfer Bernd Leno, Arsenal Berikan Diskon 

Pada proses transfer, awalnya Arsenal menginginkan mahar senilai 12 juta pounds untuk Leno. Namun, klub yang tertarik dengan Leno tidak bersedia mengeluarkan uang sebesar itu. Kemudian Arsenal menurunkan mahar menjadi 10 juta pounds.

Mahar tersebut kembali turun sesuai dengan kesepakatan dengan Fulham yaitu sebesar 8 juta pounds. Leno akan menjadi agen bebas dalam 12 bulan mendatang jika tidak bergabung dengan klub lain. Tentunya hal ini akan merugikan Arsenal.

Dikabarkan Leno akan bergabung dengan status permanen di Fulham. Leno mendapatkan kontrak hingga Juni 2025 dan disertai opsi perpanjang kontrak untuk musim selanjutnya. Kini Leno akan menunjukkan performa terbaiknya bersama Fulham

Bernd Leno akan menjalani tes medis dan penandatanganan kontrak dengan Fulham pada minggu ini, setelah kesepakatan mengenai transfer tercapai. Leno akan akan segera diumumkan di sosial media kurang lebih minggu ini.